E-Commerce

Penjual Harus Tahu, Keuntungan E-commerce bagi Konsumen

Anda tertarik terjun ke bisnis E-commerce yang menjadi ladang penghasilan paling menguntungkan di era digital ini? Namun, ketidakpahaman mengenai E-commerce bisa menimbulkan ragu dalam hati. Akankah produk atau layanan usaha Anda bakal bisa bersaing ditengah persaingan E-commerce yang ketat? Menilik potensi lebih dari 267 juta penduduk di Indonesia, bisnis E-commerce masih memiliki potensi tinggi. Hal ini dikarenakan keuntungan E-commerce bagi konsumen yang semakin diminati.

Dewasa ini, para konsumen konvensional telah beralih ke transaksi jual beli elektronik bukan tanpa alasan. Yuk, simak deretan keuntungan E-commerce bagi konsumen berikut ini!

  1. Kenyamanan dan kemudahan

    Alasan utama kenapa banyak orang lebih suka belanja online atau lewat website E-commerce karena faktor kenyamanan. Orang tak perlu lagi datang ke toko sebab semua pilihan barang tersajikan lewat situs E-commerce saja. Belanja tak perlu menunggu waktu yang tepat sebab website E-commerce menyajikan pelayanan 24 jam yang menyenangkan. Untuk para karyawan yang bekerja pagi pulang sore, belanja malam lewat gadget semakin memudahkan.

    Tak hanya kemudahan belanja saja, metode pembayaran yang simpel dan beragam semakin memberikan keuntungan E-commerce bagi konsumen. Mereka bisa membeli produk kapan dan di mana saja dengan metode pembayaran yang diinginkan. Mau menggunakan dompet digital, kartu kredit, transfer bank bahkan pelaku usaha ada yang menawarkan sistem kredit dengan tenor sesuai kemampuan. Keren, bukan?

  2. Bisa menghemat pengeluaran lebih banyak

    Tak perlu keluar biaya untuk membayar sewa transportasi atau biaya lain, konsumen hanya perlu melakukan belanja lewat situs E-commerce saja. Tinggal selesaikan transaksi pembelian dan tunggu di rumah, barang akan dikirim secepatnya.

  3. Mendapatkan barang atau layanan jasa lebih murah

    Keuntungan E-commerce bagi konsumen adalah mendapatkan potensi harga barang atau layanan jasa lebih murah. Hal ini dikarenakan mata rantai perdagangan yang rumit telah terputus. Setidaknya konsumen bisa langsung mengakses website E-commerce secara langsung. Mereka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan barang yang diinginkan lewat jasa reseller atau dropshiper.

  4. Bisa memilih dan membandingkan secara akurat

    Konsumen berhak untuk memilih dan membandingkan satu pemilik usaha E-commerce dengan pihak kompetitor lain. Keuntungan E-commerce bagi konsumen adalah mereka bisa mendapatkan harga barang atau jasa termurah. Tentu bukan harga murah menjadi patokan perusahaan berbasis E-commerce bisa sukses besar. Kredibilitas dan peningkatan layanan konsumen sangat mempengaruhi.

  5. Bisa memilih produk lewat katalog online

    Asal transaksi pembelian dilakukan dengan pemilik usaha kredibel, keuntungan E-commerce bagi konsumen adalah kemudahan belanja lewat katalog online. Berkaitan dengan poin 4 yang membuat konsumen bisa membandingkan lebih akurat, sistem belanja bisa dilakukan lewat gadget atau browser dengan katalog online. Akses pada hari libur semakin memberikan kesenangan pada konsumen tercinta. Tentu kepastian belanja online di tempat usaha kredibel memberikan orisinalitas produk sesuai dengan apa yang dipakai model atau garansi produk terjamin.

  6. Bisa berkonsultasi atau sesi tanya jawab dengan CS langsung

    Berbagai fitur menarik yang ditawarkan website E-commerce membuat konsumen mendapatkans segala kemudahan. Salah satu keuntungan E-commerce bagi konsumen adalah bisa berkonsultasi atau sesi tanya jawab dengan CS langsung. Konsumen bisa bertanya mengenai produk atau layanan jasa yang diminati. Komunikasi secara langsung bisa memberikan kepuasan pada pelanggan lebih besar. Jika ada masalah terkait produk atau pengiriman barang, konsumen bisa langsung komplain pada pihak terkait tanpa melalui jasa perantara lain. Hal-hal yang rumit atau ribet tidak diminati konsumen di era digital, lho!

  7. Bisa berkesempatan membeli produk lintas wilayah

    Berbeda dengan usaha konvensional yang memaksa konsumen untuk datang ke toko langsung, kini konsumen bisa membeli produk secara lintas wilayah. Misalnya konsumen ingin membeli kain batik yang dijual di Solo, bisa langsung membeli dan menerima paket meskipun ia tinggal di Bandung atau Jakarta. Jarak geografis bukan menjadi halangan selama ada gadget, kuota internet dan dana digital atau mobile banking. Keuntungan E-commerce bagi konsumen yang cukup menarik, bukan?

    Hal serupa berlaku untuk pembeli yang ingin mendapatkan barang impor luar negeri. Misalnya konsumen ingin membeli Nike asli dari USA, tak perlu datang langsung ke sana. Ekspansi global bukan hal yang terdengar aneh di telinga seiring perkembangan teknologi dan informasi yang kian canggih.

Berdasarkan ulasan mengenai keuntungan E-commerce bagi konsumen, Anda tidak perlu khawatir dengan potensi pertumbuhan bisnis era digital. Asal Anda bisa menerapkan sistem promosi yang baik, pemberian harga yang sesuai dengan kualitas produk atau layanan jasa dan lakukan komunikasi yang bisa menjalin kedekatan dengan konsumen. Pelaku usaha bisa semakin mengenalkan branding atau merek pada konsumen.

Mempertahankan loyalitas konsumen merupakan hal yang lebih penting selain mencari dan mendapatkan konsumen baru. Yuk, mulai kembangkan bisnis digital Anda lebih maju dengan merintis website E-commerce berkualitas sekarang juga!

Tinggalkan komentar