E-Commerce

Keuntungan Menjadi Pelaku E-commerce di Indonesia

Sejak dikenal pada tahun 1994, website telah menjadi salah satu akses yang mendukung perkembangan bisnis dan perdagangan. Cikal bakal E-commerce menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan sejak 1998-2000 di AS dan Eropa. Kini perdagangan E-commerce bukan barang baru dikalangan masyarakat. Keuntungan pelaku E-commerce sangat besar sehingga banyak pemula yang mulai tertarik terjun ke bisnis menggiurkan ini. Anda penasaran? Yuk, simak info lengkap seputar keuntungan E-commerce berikut!

  1. Meningkatkan penjualan skala nasional

    Penjualan skala nasional menjadi keinginan para pemula yang tengah merintis bisnis E-commerce. Tak lagi terkendala jarak geografis yang ada, para pemilik usaha UMKM bisa mengembangkan usaha semakin besar dan dikenal masyarakat. Bisnis E-commerce bisa membantu pemilik usaha kecil dan menengah untuk terus tumbuh besar di Indonesia. Berawal dari usaha kecil menjadi usaha nasional, kenapa tidak?

  2. Memiliki potensi jangkauan global

    Keuntungan bisnis E-commerce di Indonesia adalah memberikan ruang gerak yang lebih bebas. Pemilik usaha bisa memiliki potensi mengembangkan sayap bisnis hingga ke mancanegara. Tidak menutup kemungkinan kalau sektor ekspor industri Indonesia bisa meningkat. Tentu pelaku usaha harus memilih produk-produk yang potensial dijual di luar negeri, misalnya barang kerajinan tangan, bahan mentah setengah jadi, produk fashion, dan lain-lain.

  3. Peningkatan pendapatan dengan harga produk lebih murah

    Karena E-commerce bisa memutus rantai perdagangan yang lebih rumit, keuntungan pelaku E-commerce bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Hal ini dikarenakan adanya pengurangan harga produk. Suplier bisa langsung mendapatkan target pasar yang diinginkan tanpa melalui jasa perantara sehingga harga bisa lebih murah.

  4. Mengurangi biaya administrasi

    Keuntungan pelaku E-commerce dalam memasarkan produk atau layanan jasa via situs E-commerce adalah pengurangan biaya administrasi. Tak perlu memiliki toko fisik, pemula bisa langsung berjualan produk atau jasa tersebut. Tentu biaya-biaya yang seharusnya dialokasikan untuk membayar sewa toko, bayar upah karyawan, biaya pembelian ATK, dan lain-lain menjadi terminimalisir dengan baik.

    Biaya administrasi mencakup biaya iklan dan promosi konvensional. Memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan baik, biaya promosi bisa dipangkas seminim mungkin. Bagi pelaku usaha kelas kecil dan menengah, E-commerce sangat membantu menekan biaya operasional agar usaha bisa berkembang atau tidak mati di tengah jalan.

  5. Bisa meningkatkan branding perusahaan

    Usaha yang mulai berkembang pesat tentu membutuhkan sistem manajemen yang baik. Branding perusahaan bisa semakin bagus kalau Anda membuat website E-commerce yang terindeks pada mesin pencarian. Oleh sebab itu, pelaku usaha harus mampu membuat desain dan konten website perusahaan yang menarik. Artikel atau konten berbasis SEO bisa meningkatkan indeks pencarian ini.

    Ada banyak penduduk di Indonesia yang sudah memahami pentingnya internet. Setidaknya 170 juta orang bisa mengakses internet yang berpeluang menjadi target pasar pelaku usaha. Keuntungan pelaku E-commerce yang patut Anda pertimbangkan, bukan? Masih ada peluang sisa dari 267 juta penduduk Indonesia yang akan terus melek internet. Kalau Anda ingin sukses dari sekarang, segera buat langkah strategis menciptakan website e-commerce terbaik yang didukung produk atau layanan unggulan perusahaan Anda.

  6. Peningkatan layanan dan menjalin komunikasi dengan konsumen

    Bagi pelaku usaha, konsumen merupakan raja yang memegang pondasi kemajuan sebuah perusahaan. Peningkatan layanan harus selalu diperhatikan dengan memberikan fitur-fitur menarik di website e-commerce, misalnya fitur konsultasi dengan CS, keranjang belanja, komplain, katalog online, dan lain-lain.

    Keuntungan pelaku E-commerce bisa berkomunikasi dengan konsumen lebih dekat. Setidaknya Anda bisa mendapatkan potensi konsumen yang loyal. Tentu Anda harus tetap melakukan follow up setelah transaksi berhasil dilakukan agar konsumen mendapatkan apresiasi positif. Kelak konsumen loyal akan tetap belanja atau menggunakan layanan jasa perusahaan Anda.

  7. Membantu peningkatan perekonomian negara

    Salah satu keuntungan pelaku E-commerce yang mungkin jarang disebutkan adalah bisnis bisa mendongkrak peningkatan perekonomian negara. Jika ekonomi suatu negara sudah maju, maka layanan publik atau fasilitas negara bisa semakin diperbaiki dari pendapatan pajak. Meskipun masih ada kontra pemungutan pajak pada UMKM yang baru tumbuh dianggap sangat memberatkan, siapa tahu pemerintah bakal mencari solusi mengatasi hal tersebut.

Pajak yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur akan membangun usaha menjadi lebih maju. Setidaknya pengiriman barang pelaku usaha tidak akan terkendala masalah infrastruktur yang buruk. Selain itu, keuntungan pelaku usaha bisa mendapatkan jaringan internet atau gangguan teknis yang bebas kendala dengan dukungan dari pemerintah Indonesia sendiri.

Beberapa keuntungan pelaku E-commerce di atas bisa menjadi bahan referensi untuk Anda yang ingin membangun bisnis digital. Manfaatkan semua media online untuk mendukung pertumbuhan bisnis skala kecil Anda agar tumbuh berkembang semakin pesat. Website E-commerce wajib terintegrasi dengan media sosial yang menjadi lahan jual beli online paling potensial dewasa ini. Yuk, segera bangun kerajaan bisnis digital Anda sekarang juga!

Tinggalkan komentar