E-Commerce

Siap Ambil Bagian Ecommerce Untuk Kemajuan Bangsa?

Di jaman milineal ini, para generasi muda lebih menyukai hal-hal yang kreatif dan suka untuk mengapresiasi diri Mereka. Sejalan dengan hal itu, kini keberadaan Ecommerce tentu sangat sesuai dengan karekter Mereka. Di Indonesia sendiri, bisnis Ecommerce semakin hari semakin meningkat, hal itu dipengaruhi oleh tingginya minat dari masyarakat terhadap sistem bisnis ini. Wajar saja kehadiran Ecommerce bisa menjadi peluang para generasi milineal untuk kemajuan bangsa.

Pengertian Ecommerce

Ecommerce merupakan kegiatan jual beli suatu produk atau jasa yang dilakukan dengan media elektronik maupun internet. Selain itu, di dalam bisnis Ecommerce juga mencakup kegiatan seperti proses promosi hingga pemasaran suatu produk. Yang menjadi ciri khas dari bisnis tersebut yaitu semua proses jual beli dilakukan dengan media elektronik yang meliputi proses pemesanan produk hingga proses pembayarannya.

Ecommerce untuk Kemajuan Bangsa

Tahukah Anda bahwa para penyuka belanja online di Indonesia sendiri jumlahnya sangat tinggi. Sudah tidak heran jika Ecommerce kini menjadi salah satu bisnis yang terus tumbuh untuk kemajuan bangsa. Seiring berjalannya waktu, Ecommerce semakin hari semakin menjamur di tengah-tengah masyarakat. Tentu hal itu terjadi karena sebuah alasan. Alasan yang mendasar yaitu adanya permintaan pasar yang semakin tinggi pada kegiatan jual beli online.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai macam Ecommerce yang terus berkembang. Bagi Anda yang siap ambil bagian untuk kemajuan bangsa, berikut ini akan Kami bahas mengenai 4 macam bisnis Ecommerce:

  1. Business to Consumers

    Yang pertama yaitu business to consumers. Bisnis ini merupakan salah satu Ecommerce yang cukup populer di kalangan msyarakat Indonesia. Di dalam business to consumers, proses pemasaran sebuah produk dilakukan oleh produsen secara langsung. Dengan kata lain, produsen atau sebuah perusahaan yang menjadi pihak penjual memasarkan produk Mereka secara langsung kepada customer.

    Contoh dari bentuk bisnis ini yaitu toko ritel yang berbasis online dimana seorang pembeli dapat membeli produk tanpa ada jumlah minimal yang harus dibeli, istilahnya bisa membeli produk secara eceran.

  2. Business to Business

    Yang kedua yaitu business to business. Bisnis ini merupakan salah satu bentuk bisnis Ecommerce yang memiliki skala besar dimana transaksi dari bisnis tersebut dilakukan antar perusahaan. Pada sistem business to business, transaksi dilakukan secara fisik dan juga elektronik.
    Contoh dari bisnis ini yaitu reseller, distributor, dan lain-lain.

  3. Consumers to Business

    Selanjutnya yaitu consumers to business. Dalam bisnis Ecommerce ini, pihak konsumen melakukan aktifitas transaksi penjualan. Sedangakan target pasarnya adalah perusahaan, dimana individu menawarkan sebuah produk yang berupa barang maupun jasa ke perusahaan yang memang membutuhkannya.
    Contohnya yaitu desainer grafis menawarkan skill yang dimilikinya kepada perusahaan.

  4. Consumer to Consumer

    Bisnis Ecommerce selanjutnya yaitu consumer to consumer, dimana kegiatan bisnis dilakukan antar konsumen. Bisnis ini dilakukan oleh pihak ketiga dimana pihak tersebut menyediakan suatu platform online yang digunakan untuk melakukan sebuah transaksi.
    Contohnya dari bisnis ini yaitu Bukalapak dan Tokopedia. Penjual diperbolehkan untuk melakukan penjualan barang di sebuah website yang telah disediakan.
    Contoh dari marketplace yaitu shopee.

Kelebihan Ecommerce

Selain macam-macam Ecommerce yang sudah dijelaskan diatas, Ecommerce hadir dengan sejumlah kelebihan yang dimiliknya. Berikut ini kelebihan Ecommerce.

  • Mengurangi Biaya Infrastruktur

    Dengan adanya Ecommerce, pelaku bisnis bisa mengurangi biaya infrastruktur. Mereka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membangun atau membuka sejumlah cabang diberbagai wilayah. Dengan sebuah toko online Mereka dapat menjangkau lapisan masyarakat diberbagai wilayah.
    Pelaku bisnis dapat mengalokasikan biaya tersebut untuk kebutuhan lainnya.

  • Mempunyai Jangkauan Pasar Yang Luas

    Ecommerce mempunyai jangkauan pasar yang luas. Pelaku bisnis Ecommerce tentunya dapat menjangkau pasar di dalam negeri maupun di luar negeri. Dimana saat ini sudah ada sebuah platform yang yang memungkinkan seorang penjual agar bisa menjual produk Mereka diberbagai negara.

  • Harga Suatu Produk Lebih Terjangkau

    Adanya Ecommerce mampu membuat harga suatu produk lebih terjangkau. Didalam bisnis Ecommerce, pihak penjual dapat mampu menekan harga suatu produk sehingga dapat lebih murah. Hal itu tentu juga bermanfata bagi customer karena Mereka merasa tertarik untuk untuk membeli barang tersebut. Tentu hal tersebut menjadi bukti bahwa Ecommerce tidak hanya memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis Ecommerce saja, namun juga memberikan keuntungan bagi cuctomer.

Setelah Anda membaca penjelasan diatas, apakah sekarang Anda siap ambil bagian Ecommerce untuk kemajuan bangsa? Kini giliran Anda yang ikut andil dalam menciptakan kemajuan bangsa dengan memanfaatkan Ecommerce.

Kehadiran Ecommerce tentunya dapat membawa dampak positif agar tercipta lapangan pekerjaan. Banyak lapangan pekerjaan yang saat ini hadir seperti untuk dapat mendukung kegiatan Ecommerce. Selain itu, Anda tidak usah bingung jika ingin memulai bisnis Ecommerce, karena kemajuan teknologi yang sudah semakin canggih saat ini bisa memudahkan Anda untuk memulainya.

Tinggalkan komentar